Selasa, 29 Mei 2012

Lokalisasi Sarkem (Sisi Lain Keistimewaan Jogya)

Pertama kali menginjakkan kaki di Yogyakarta yang terkenal dengan Kota Gudeg, seorang teman yang lebih dulu datang ke Yogyakarta sempat mengatakan bahwa “tidak afdol (tidak sah) datang ke Jogja kalau tak sempat menginjakkan kaki di SARKEM”. Hatipun bertanya-tanya ada apa gerangan dengan SARKEM, dan SARKEM itu apa? Setelah cerita panjang lebar barulah diketahui bahwa SARKEM adalah sebuah akronim dari “Pasar Kembang”. Karena sering dipaksa dan penasaran dengan SARKEM, yang tidak dijelaskan sebelumnya, akhirnya kaki ini melangkah juga ke SARKEM.

Astagfirullahaladzim….

Ternyata SARKEM bukan pasar kembang seperti yang dikhayalkan. Memang banyak kembang, tapi bukan kembang seperti yang tumbuh di taman-taman atau di pot-pot. Kembang di sini unik, kembang yang berasal dari berbagai pelosok desa dan kota dengan dandanan yang memancing nafsu birahi. Kembangnya sangat beragam mulai dari yang belasan tahun sampai yang sudah uzur, sama seperti pelangannya yang juga bervariasi. Namun sempat juga keliling SARKEM dengan hati terpaksa. Anggaplah kunjungan itu sebagai survey daerah rawan virus HIV.

Yang lebih unik dan mengherankan adalah ternyata LOKALISASI SARKEM berada di jantung kota Yogyakarta dan menjadi bagian wisata. Sarkem telah menjadi bagian MALIOBORO, dekat dengan POS POLISI, dekat dengan Stasiun Kereta Api TUGU, dekat dengan Kantor Gubernur, dekat dengan Keraton.

Langsung teringat kata “ISTIMEWA” dari DIY. Mungkin ini termasuk (bagian lain) dari keistimewaan Jogyakarta???

0 comments:

Posting Komentar