Sabtu, 04 Februari 2012

Model Penilaian Pendidikan Karakter

Komponen model penilaian berbasis pendidikan karakter mencakup 3 hal, yaitu:
  1. Perilaku dalam proses pembelajaran mencakup sikap dan tindakan peserta didik terhadap teman dan guru. Sikap dan tindakan dalam komponen ini khususnya mengacu pada nilai yang ada pada materi dan kegiatan pembelajaran. Komponen ini tepat diungkap menggunakan teknik pengamatan, pertanyaan langsung, pertanyaan tidak langsung, laporan pribadi (portofolio), atau penilaian diri.
  2. Upaya peserta didik mengarah pada kesungguhan dan kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Komponen ini mencakup aspek-aspek:
    • Kehadiran dalam pembelajaran
    • Ketepatan waktu mengikuti pembelajaran
    • Ketepatan waktu mengumpulkan tugas
    • Frekuensi dan kualitas bertanya
    • Frekuensi dan kualitas berpendapat
    • Frekuensi berkonsultasi di luar jam perkuliahan dalam rangka pengayaan
    • Kreativitas penalaran yang ditunjukkan dalam kegiatan atau karya yang terkait dengan perkuliahan.
    Komponen ini tepat diungkap menggunakan teknik pengamatan, pertanyaan langsung, pertanyaan tidak langsung, laporan pribadi (portofolio), atau penilaian diri.
  3. Prestasi peserta didik. Sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan penilaian perfomansi, penilaian terhadap prestasi peserta didik harus dilakukan secara berkesinambungan, mencakup aspek akademik dan non-akademik. Teknik penilaian yang tepat untuk mengungkap komponen ini antara lain tes tulis dan portofolio.sumber 
oleh: Alim Sumarno, M.Pd

0 comments:

Posting Komentar