Jumat, 30 Desember 2011

Mentari untuk Pagi

Hujan turun dengan derasnya saat Renata terbangun dari mimpinya yang aneh. Renata mengingat mimpinya lagi, mimpi yang selalu hadir belakangan ini, dia terjatuh kedalam sebuah lubang gelap besar yang semuanya hitam, hitam sampai ia tak mampu melihat apapun disana, tapi ia tetap melangkah dalam kegelapan sampai ia melihat sebuah sinar yang menyilaukan matanya dan ia tiba-tiba berada dalam sebuah taman aneh tanpa warna, seperti sebuah taman yang berada dalam bingkai foto hitam putih, di timur ia melihat mentari masih malu-malu menampakkan sinarnya, di ufuk timur itu dia melihat seorang gadis berambut sebahu mengenakan gaun berwarna merah marun ditengah taman hitam putih itu, dan saat gadis itu menengok ke arah Renata, mentari pagi keluar dari peraduannya, dan ia hilang disana sebelum Renata sempat melihat wajah gadis itu.

Renata masih duduk termenung di tempat tidurnya, ia bingung sendiri memikirkan mimpinya itu, yang entah berarti apa. Hujan turun dengan deras saat ia terbangun tadi, dan diluar masih gelap belum ada tanda-tanda kemunculan mentari pagi diluar sana. Ia melihat jam beker disampingnya, pukul 04.00 WIB, masih terlalu pagi untuk bangun dan bersiap ke sekolah. Tapi ia beranjak juga dari kasurnya yang cukup hangat, namun ia tak tergoda untuk berlabuh ke pulau mimipi lagi, ia terlalu pusing jika harus bermimpi itu lagi.
***
Renata baru tiba di gerbang SMA MENTARI, 5 menit setelah bel berbunyi. Dia tadi ketiduran di meja makan usai menengguk secangkir kopi, aneh-aneh aja ini anak masa abis minum kopi kok malah ketiduran. Untung gerbang belum ditutup seluruhnya, masih ada sedikit celah saat pak Satrio satpam sekolah akan menutup gerbang itu, Renata langsung berlari menerobosnya dengan senyum usil yang ditujukan pada pak Satrio.

Jam pertama Pelajaran fisika, Renata melangkah tenang, males juga ngikut pelajaran hari ini, akhirnya ia memutuskan untuk nggak ikut pelajaran, Ia melangkahkan kakinya ke tangga bangunan utara tempat kelas sepuluh berada yang otomatis berlawanan sama ruang kelas 12 yang berada di bangunan selatan, ia menaiki tangga sampai lantai tiga, disana ada sebuah taman, bukan taman yang kaya’ taman pada umumnya. Inget taman di film high school musical, taman ini persis kaya’ taman itu. Dan Ini taman juga buat kepentingan sekolah, yaitu buat pelajaran juga. Ini bisa juga dibilang tempat cabut paling aman buat Renata. Saat itu ternyata ada anak yang lagi praktikum, melihat itu Renata langsung ngumpet dibalik pot gede takut ketauan bu Rika guru bio kelas 10, Cuma ada 15 anak disana mungkin ini Cuma persiapan buat lomba bio minggu depan, pandangan renata tertuju pada seorang cewek yang serba merah, rambutnya sebahu yang dikuncir nyamping, manis banget, dan dia pake jam tangan, gelang, kacamata, iket rambut, dan kaos kaki berwarna merah ngebuat dia paling mencolok diantara temen”nya. Dan cewek itu mengingatkannya pada cewek bergaun merah marun di mimpinya.


”Re,, dari mana aja lo.” Tanya Dika saat Renata baru memasuki ruang kelas pada saat istirahat pertama.
”Biasa…” jawab Renata datar, seraya duduk disamping Dika.
”Tadi lo dicariin bu Ling tu, kaya’ nya lo bakal dapat tugas fisika buanyaaak banget deh gara-gara lo cabut mulu pas pelajaran Fisika……..,,,.” Kata Dika panjang lebar yang sama sekali nggak di dengerin ama Renata yang lagi asyik sama pikirannya sendiri.
”Eh, Dik, lo tau anak kelas sepuluh yang sering pake assesoris merah nggak?” Dika yang lagi serius nyeritain pelajaran Fisika tadi pagi langsung melongo tanda bingung yang sebingung-bingungnya.
”Hehhhh…. Maksud lo Re? Jadi dari tadi lo sama sekali nggak dengerin gue… wah sarap lo Re.” ucap Dika yang kesel gara-gara Re sama sekali nggak dengerin dia ngomong.
”Hehe.. sorry broo… abis dari tadi lo bacot tentang bu Ling mulu, itu kan topik yang nggak menarik banget buat gue.” Jawab Renata sambil cengengesan.
”Eh tapi tadi lo nanya apa cewek???? Tumben lo nanya cewek, selama hampir tiga taun gue bareng ama lo, ini baru kedua kalinya lo ngomongin cewek, yang pertama juga Cuma gara-gara satu cewek yang ngikutin lo kemana-mana, dan itu juga buat kasih tu cewek pelajaran.”
“Udah, diem lo, ini gue serius tu cewek kelas sepuluh ngingetin gue sama cewek yang ada di mimpi gue.” Jawab Renata serius.
”Hahh… sumpe lo Re, cewek yang ada di mimpi yang sering lo ceritain itu.”
”Iya, gue jadi penasaran ama itu cewek, lo harus bantuin gue nyelidikin tu cewek merah.”
”okee boss, Dika siaap.”


Tari berdiri didepan gerbang, nungguin Riska temen sebangkunya buat pulang bareng. Sedangkan di warung depan sekolah dua orang cowok dari tadi ngawasin Tari. Dua cowok itu tak lain dan tak bukan adalah Dika dan Renata.
”Manis juga Re tu cewek kelas sepuluh.” Ucap Dika sambil cengengesan ngegodain Renata yang serius mandangin tu Cewek.
”Apa lo, mau dikemanain tu cewek lo si Liana, ini jatah Gue tau.” Sambil noyor kepala Dika.
”Yeee sewot, iye iye gue tau.”
”Ssssssttt, Dia udah mau pulang tu, cepetan ambil motor lo, kita ikutin Dia.” Kata Renata.
Riska udah sampai di depan Tari bersama sepeda polygon ungunya. Tari yang melihat itu langsung tersenyum.
”Yuk Tar, cap cus..” ucap Riska setelah sampai di depan Tari.
”Yuhuuu… kita pulang sistaaa.” Jawab Tari seraya duduk di boncengan belakang sepeda Riska.

Sepeda Riska berjalan pelan di siang yang cukup panas ini, tapi wajah mereka berdua sama sekali nggak menunjukkan kalo mereka keberatan atas sinar matahari yang tercurahkan begitu banyaknya, mereka malah adem ayem aja, ketawa ketiwi sepanjang perjalanan.
Mereka sama sekali nggak sadar kalo ada dua orang cowok sedang mengikuti mereka yang memang agak jauh dari Tari dan Riska. Tari dan Riska sudah sampai di Gang cempaka, gang dimana rumah Tari berada.

”Sorry ya Tar, gue nggak bisa nganter lo sampai depan rumah, nyokap gue nyuruh gue pulang cepet-cepet, sorry banget banget ya Tar.” Kata Riska dengan tampang nyesel.
”Iyaa a… biasa aja kali Ris, rumah Gue kan juga udah deket.” Jawab Tari sambil tersenyum.
”Yaudah Tar.. bye.” Ucap Riska kemudian sambil melambaikan tangan dan berlalu pergi meninggalkan tari.

Agak jauh ke sebelah utara gang rumah Tari ada dua orang cowok berpakaian putih abu abu, berdiri di bawah sebuah pohon lindung kota. Tari sempat memandang kesana sebentar tanpa kecurigaan apapun, dan segera melangkah menuju rumahnya karena perutnya udah bener-bener lapar.

“Dik, lo tunggu sini bentar yaa, gue mau ngikutin tu cewek sampe depan rumahnya, dan ada tugas buat lo, lo harus nyariin gue nomor hapenya tu cewek.” Kata Renata.
”Iyeee gue tau.. udah sana keburu ngilang tu cewek inceran lo.”

Renata mulai mengikuti Tari, dia berada sekitar 10 meter dari cewek manis serba merah itu. Saat Tari nengok dia cepet cepet ngumpet di balik pohon. Dan akhirnya Tari berhenti pada sebuah rumah sederhana yang begitu indah. Tari masuk ke dalam, setelah Renata menunggu 10 menit, dia menghampiri rumah Tari. Gerbangnya merah, di balik gerbang ada sebuah jalan setapak lurus menuju pintu utama, rumah itu berwarna putih bersih, yang mempunyai taman yang begitu indah. Di Kiri kanan jalan setapak itu ada sebuah pagar tanaman hijau. Sungguh rumah yang begitu indah. Setelah merasa cukup Renata meninggalkan rumah Tari tanpa tahu bahwa sepasang mata gadis manis itu menatapnya dari jendela kamarnya di lantai dua dengan tatapan bingung.


Renata sibuk menimang-nimang i-phone keluaran terbarunya, dia bingung mau nelpon Tari sekarang atau nggak. Dia nggak yakin apa Tari bakalan ngangkat telepon darinya……………………..

Renata sibuk menimang-nimang i-phone keluaran terbarunya, dia bingung mau nelpon Tari sekarang atau nggak. Dia nggak yakin apa Tari bakalan ngangkat telepon darinya. Di saat Renata bingung, Tari lagi asyik telpon-telponan ama Riska.
“…………eh Ris, lo tau kak Re, kakak kelas kita nggak.” Tanya Tari tiba-tiba.
Haahh… Re siapa??? “ Tanya Riska bingung.
Itu lo Kak Renata, yang biasanya ama kak Dika pacarnya si Liana.”
Oooo… Renata yang kelas 12 itu toh yang anak basket juga.. iya tau, emang kenapa lo naksir ya, gampang ntar gue kasih tau Liana deh biar lo disalamin ke kak Re…haha.”
Ngaco lo, nggak lah, tadi tu pas pulang sekolah gue liat Dia di depan rumah gue, kaya’ lagi ngawasin apa gitu, apa tadi dia ngikutin gue sampe rumah ya.??” Kata Tari akhirnya membuat sebuah hipotesis.
Apa lo bilang???? Gue nggak salah denger kan.” Kata Riska.
Apa sih lo lebay banget.”
Eh tapi Tar, tadi gue juga ngrasa ada motor yang ngikutin kita.”
Nahh, maka dari itu, tadi pas gue jalan ke rumah, gue juga ngrasa gitu.” Kata Tari lagi.
Tapi, ngapain ya kak Renata ngikutin lo, emangnya dia suka gitu ama lo?”
Mana gue tau, dodol lu yee.”
Hehe…. Iyaa juga ya, eh Tar, mama gue uda teriak2 gak jelas tu, udah yaa, bye..”
Ukede sista jelek, daaa, hehe.” Ucap Tari mengakhiri obrolan mereka.
Tari meneruskan PR matematikanya walaupun pikirannya lagi ngabur gara-gara Renata. Belum selesai ngerjain satu soal logaritma yang ribetnya naudzubilah, HPnya bunyi, ada sms masuk.

From : +628563321662
Hai….

Siapa ni, gumam Tari di dalam hati, dan Dia langsung mengklik tombol reply.

To : +628563320000
Ni sapa ya???

Lama nggak ada balesan dari pengirim sms itu, dan akhirnya HPnya bunyi ada telepon masuk, keliatannya dari nomor yang tadi sms Tari.
Hallo….” Ucap Tari setelah menekan tombol hijau di HPnya.
“…………” diem tak ada jawaban dari sang penelepon.
Halloooo,,,, ada orang gak sih di sana.” Tari ngomel kesel juga orang nelpon tapi malah nggak ada yang ngomong, dan akhirnya klik, telepon dimatiin.

Di kamarnya Re bingung, dia hanya menatap diam pada i-phonenya, tadi dia bener-bener nggak tau mau ngomong apa. Dia lagi mikir lagi, Tari, kenapa dia ngerasa bahwa cewek itu adalah gadis merah marun di mimpinya, dan demi apapun si Renata ini belum pernah sekalipun peduli sama seorang cewek, walaupun selama ini banyak banget cewek yang suka ama dia yang kata cewek-cewek di sekolah adalah tipe cowok cool.
Renata masih terus memikirkan gadis itu sampai dia tertidur dengan i-phone yang masih ditangannya. Dan dalam tidurnya Renata kembali memimpikan gadis itu. Gadis yang ada di taman hitam putih itu.

Hari ini, hari pertama Tari mengikuti ekskul basket, dia baru aja pindah ekskul gara-gara ngikutin Riska. Dan ternyata Renata masih menjadi kapten basket di sekolahnya. Berhubung pak Didin pelatih basket mereka lagi berhalangan hadir, akhirnya Re dan Dika yang diberi tugas untuk melatih adik-adik kelas mereka. Renata menyuruh mereka shooting bola dari daerah three point, dan Renata tak menyadari bahwa Tari ada di barisan juniornya itu. Saat itu Tari Cuma pake iket rambut merah, jadi Re tidak mengenalinya sebagai cewek merahnya.
Hei, kamu…” kata Renata pada Tari yang dari tadi nggak pernah berhasil masukin bola ke ring basket.
Eeeemmm,,, sa..yaa kak.” Jawab Tari takut.
Iyaa, kamu.. dari tadi konsentrasi nggak sih, masa bola kamu nggak ada yang masuk.” Dan saat Renata sampai di depan gadis itu, dia baru sadar kalo cewek itu adalah Tari, namun tadi dia udah terlanjur ngebentak tu cewek, nggak mungkin kan kalo Dia berubah manis setelah tau itu Tari, nggak enak dong ama adek kelas yang lain.
Maaf kak, saya baru ikut latian.” Kata Tari sambil menunduk.
Maaf maaf , alasan kamu bukan alasan yang bagus ayo latian lagi, sampe kamu bisa masukin minimal 3 bola baru kamu boleh pulang.”
Iiiyaa kak.” Jawab Tari, sumpah dalem hati dia kesel banget tau gini dia nggak bakalan mau deh ngikutin Riska pindah ke ekskul ini, mana dari smp dia nggak pernah megang bola basket lagi.
Jam 17.15 WIB, Tari baru berhasil masukin dua bola ke dalam ring, anak -anak lain udah pada pulang termasuk si Riska, sebenernya Riska masih pengen nemenin Tari tapi tadi dia dibentak Re disuruh buat pulang. Dan disana tinggal Renata, Dika, dan juga Tari dan akhirnya pada pukul 17.30 WIB Tari baru bisa masukin bolanya untuk ketiga kali setelah mencoba berpuluh puluh kali.
Plok, plok, plok, plok…” suara tepuk tangan Renata dan Dika semakin terdengar mendekat ke arah Tari yang sedang duduk kelelahan.
Ni minum dulu.” Ucap Dika sambil memberikan sebotol minuman.
Thanks kak.” Sambil mengambil botol itu dari tangan Dika.
Udah, lo sekarang boleh pulang.” Ucap Renata yang berdiri disamping Tari.
Tanpa berkata apapun Tari langsung mengambil tasnya dan berlalu dari sana, dia bener bener benci sama Renata , masa dia disiksa sampe sebegitunya Cuma gara gara nggak bisa masukan bola ke ring di latihan pertamanya, dan sekarang akibatnya dia harus pulang jalan kaki gara-gara ditinggal ama Riska. Dasar cowok rese, gila, saraaap, teriak Tari dalam hati. Dan tanpa sepengetahuan Tari, Renata mengikuti Tari di belakangnya, Dia khawatir banget ama tu cewek soalnya tadi wajahnya pucet banget apalagi sekarang udah mau magrib.
Tari udah sampe di depan gang rumahnya, tapi kepalanya yang tadi pusing sekarang rasanya tambah parah, rasanya semuanya muter muter kaya abis naiik komedi puter. Dan akhirnya semuanya gelap, tapi dia ngrasa belum jatuh, dia ngrasa ada seseorang yang nangkep dia sebelum dia bener-bener terjatuh, tapi dia sama sekali nggak tau siapa yang udah nyelametin Dia.

Lima menit sebelum bel bunyi Renata mengarah ke kelas Tari X-6, dia sebenernya mau mastiin kalo Tari baik-baik aja, tapi disana dia melihat bangku disebelah Riska masih kosong. Setelah Dia bertanya pada Riska ternyata si Tari nggak masuk, kata Riska dia masih sakit. Riska yang ditanyain sama Renata juga bingung, kenapa tiba-tiba tu cowok nanyain Tari padahal kemarin dia udah nyiksa Tari kaya’ gitu.
To : Sist. TarTar^
Eh, tar… tdi bru aj kak.Re nanyain lo.. dia bru aja kluar dr kls kta..
Reply to : ^Riska jelex,
Bodooo… gw msh sbel am dia, DASAR RENATA GILAAAA!!!!!!!!
Setelah mengetahui kalo Tari nggak masuk, Renata langsung cabut. Dia emang terkenal murid paling bandel di sekolah sampe guru-guru udah jengah ama dia, kalo mau ngeluarin tu anak dari sekolah mesti pikir pikir ulang dulu, masalahnya dia udah kelas 12.
Renata menuju rumah Tari, dia udah mengganti seragamnya dengan kaos oblong yang selalu ada dalam tasnya, setelah memencet bel berkali kali akhirnya pintu rumah Tari terbuka dan disana wajah mama Tari yang muncul dari balik pintu.
Eh, mas yang kemarin kan, ayo mas masuk, duduk dulu.” Kata Mama Tari ramah.
Tante ambilin minum dulu ya, mau minum apa?”
Terserah tante aja.” Jawab Renata sambil tersenyum.
oooo… iya mas, kemarin saya lupa belum ngucapin terima kasih udah nolongin Tari, nama mas siapa ya?” Tanya Mama Tari saat kembali dari dapur dan membawa sebuah gelas berisi sirup untuk Renata.
Agi Tante lengkapnya Surya pagi.” Nama Renata sebenernya emang Surya pagi, tapi dia nggak pernah mau dipanggil Agi lagi sejak SMA, soalnya dia benci banget ama nama itu karena itu adalah nama pemberian ayahnya yang udah ninggalin dia sama mamanya dan sampe sekarang nggak ada kabar.
Beneran nama kamu itu, nggak ada tambah-tambahannya sama sekali?” Tanya mama Tari kaget.
Iya tante, emang kenapa Tante?”
Kamu tau nama panjang Tari?” Renata menggelengkan kepalanya, “ Rediana Mentari Pagi.” Kata Mama Tari selanjutnya.
Oooo begitu tante, kok bisa sama ya?” ucap Renata sambil menyembunyikan keterkejutannya. “Emm, Tante saya pulang dulu ya.” Kata Re akhirnya.
Loh, kok cepet-cepet, nggak nemuin Tari dulu?”
Nggak tante, lagian Tari kan harus istirahat, permisi Tante.”
Iya, makasih ya mas Agi, sekali lagi makasih.” Ucap mama Tari yang hanya dibalas senyuman dari Renata.
Renata mengendarai motornya menuju ke tempat dimana dia sering menyendiri, itu adalah sebuah tempat tak jauh dari rumahnya, sebuah taman yang dia ciptakan sendiri, saat dia bener-bener sakit hati ama Papanya. HPnya berbunyi di layarnya tertera nama Dika.
Ya, dik, ada apa?”
Lagi dimana Re..?” Tanya Dika.
Lagi cabut di tempat biasa yang deket rumah gue, ada apa lo tiba-tiba telepon?”
Ada kabar penting ni Re, soal Tari.”
Ada apa sama Tari?”
Lo udah tau belum kalo nama lengkap dia……” belum selesai Dika ngomong Renata memotong omongannya.
Tau… Rediana Mentari Pagi kan, gue tadi abis dari rumahnya Tari.”
Dan satu lagi Re, tanggal lahir dia sama persis kaya’ lo Cuma beda taun doang.”
Apa??? Lo nggak lagi bercanda kan Dik? Lagian lo tau darimana sih Dik?”
Dari data anak kelas sepuluh yang ikut basket, kemarin kan lo nyuruh ngumpulin data pribadi anak kelas sepuluh.”
Iya juga sih, yaudah tutup telepon lo, gue pengen sendiri.”

Tari hari ini udah masuk sekolah, dan dia masih sebel plus benci banget sama yang namanya R E N A T A. Dan seharian ini dia bingung juga sama yang namanya Renata, masa seharian ini dia dapet lebih dari 50 bunga mawar merah, yang dikasih setiap orang yang dia temuin di sekolah, dan semuanya bilang itu dari Renata. Riska udah heboh dari tadi, tu anak ngoceh mulu dengan hipotesis hipotesis gejenya.
Bel pulang udah berbunyi 10 menit yang lalu, dan Tari udah nunggu Riska di depan gerbang, tapi tu anak nggak muncul-muncul. 20 menit berlalu Tari masih tetap setia nungguin Riska yang nggak muncul-muncul batang hidungnya. Malah tiba-tiba, Renata muncul dengan motor Satria merahnya.
Ayo naik..” ucap Renata.
Nggak, gue nungguin Riska.” Jawab Tari jutek.
Cepetan naik ya tuan putri Mentari Pagi, Riska udah pulang, jadi kali ini lo musti ikut gue.” Kata Renata di manis-manisin.
Nggak, mending gue pulang jalan kaki deh.” Jawabnya sambil ngeloyor pergi, Re turun dari motornya dan mengejar Tari, akhirnya dia tarik tangan Tari dan maksa dia buat duduk di jok motornya, Tari sempet berontak, tapi akhirnya dia nurut juga buat naik motornya Renata.
Lo udah di kasih tau nyokap lo belum.”
Soal apa?” Tanya Tari cuek.
Kalo nama gue Surya Pagi.”
Haahh, Apaan??”
Nama gue S U R YA P A G I …udah denger belum lo.” Teriak Renata.

Tari diem aja, dia bingung, Surya Pagi, dia udah bayangin kalo Surya Pagi adalah cowok yang selalu ada dalam mimpinya, yang kemarin kata mamanya udah nolongin dia waktu pingsan. Dia bingung setengah hidup dan setengah mati kalo ternyata Renata adalah Surya Pagi.

Udah, lo turun sekarang.” Ucap Renata saat tiba di depan sebuah tempat yang ia tuju.
Kita mau ngapain kak Re, mau nangkep ular yaa.. kok lo ngajak gue ke tempat yang rumputnya liar kaya’ gini, ato jangan-jangan kakak mau bunuh gue ya..” kata Tari mengeluarkan hipotesis hipotesis anehnya, mentang- mentang anak olimpiade bio, selalu deh ya ngeluarin hipotesis.

Udah jangan ngaco, gue masih waras gak mungkin mau bunuh lo, lo kira gue mau masuk penjara, udah sekarang lo ikut aja.” Kata Re sambil menarik tangan Tari, membawanya ke taman buatannya itu. Dia mengajak Tari melewati jalan setapak kecil berbatu, kanan kirinya terhampar bunga mawar merah yang indah. Jalan tersebut mengarah ke gazebo kecil. Gazebo itu mempunyai dua tangga berlawanan arah. Yang satu adalah ujung dari jalan setapak yang mereka lewati, sedangkan yang satu lagi mengarah ke jalan setapak lainnya.

Ini taman yang gue buat sendiri, dibantu tukang kebun gue, dan belum pernah ada satupun cewek yang pernah gue ajak kesini, dan Cuma orang yang bener bener berarti dalam kehidupan gue yang gue bawa kesini.” Kata Renata, dan Tari hanya diam karena dia masih nggak nyangka dan kaget sekaget kagetnya dengan apa yang baru dia ketahui.
Hari ini tanggal 20 Oktober 2010, termasuk tanggal yang langka dan unik kan.” Kata Renata.
Iya, kak.” Jawab Tari.
Sekarang tutup mata kamu, aku mau nunjukin sesuatu.” Kata Renata lagi, sambil menggandeng tangan Tari menuntunnya melewati jalan setapak yang berada berlawanan dengan yang mereka lewati tadi.
Buka mata kamu.” Ucap Renata sanbil tersenyum, senyum yang benar benar jarang terlihat menghiasi wajahnya.
Tari seneng, kaget, terharu, gembira, salut, dan berbagai macam perasaan bercampur di hatinya, di depan matanya ia melihat sebuah tulisan besar yang terbuat dari tanaman hijau yang dibentuk sedemikian rupa sehingga membentuk tulisan MENTARI UNTUK PAGI yang di pinggir pinggirnya berhiaskan mawar merah, tetapi ada satu mawar putih yang terselip di huruf U dalam kata untuk, terlepas dari itu, itu adalah sesuatu yang begitu indah.
Tari…” Renata menggenggam tangan Tari.
Mulai sekarang kamu panggil aku Agi yaa, dan di hari yang indah ini maukah kamu menjadi mentari untuk pagi, karena pagi takkan pernah sempurna tanpa mentari, dan pagi takkan indah tanpa cahaya mentari, karena pagi dan mentari adalah satu, kalo kamu mau, ambillah mawar putih di tulisan itu dan ganti dengan mawar merah ini.” Renata memberikan sekuntum mawar merah pada Tari.
Tapi jika kamu keberatan menjadi mentari untuk pagi, tambahkan mawar putih ini di samping mawar putih yang sudah ada disana.” Renata memberikan mawar putih untuk Tari.

Tari membawa dua mawar di tangannya dan mulai melangkahkan kakinya menuju tulisan itu, Dan Renata berjalan di belakang Tari. Tari meletakkan mawar putihnya di sisi mawar putih yang lain pada huruf U. Tari berdiri dan tersenyum, Renata menghampiri Tari dia nggak nyangka Tari bakalan memasang mawar putih disana. Baru saja Renata akan mengucapkan sesuatu Tari mendahuluinya.

Kak Agi kan tau aku sukanya merah, ntar kalo yang merah aku pasang disana aku dapetnya mawar putih dong, jadi aku pasang yang putih deh biar aku dapat mawar merah, dan satu hal yang perlu kak Agi tau, kalo Mentari akan selalu ada untuk pagi.” Tari mengakhiri ucapannya dengan senyuman manisnya.
OOOoow dasar mentari nakal.” Sambil mengusap usap rambut Tari, dan kemudian mendekapnya dalam pelukannya.

Tanggal 24 Oktober 2010 hari ulang tahun Mentari dan Pagi. Pukul 01.00 dini hari Renata menelpon Dika.
Apaan sih Re, jam segini nelponin gue, gue baru tidur tadi jam 12 malem gara-gara patah hati ama si Liana, masa tadi malem dia nelpon minta putus.”
Yee. Kok lo jadi curcol sih Dik.”
Abis lo nelpon dini hari gini, ada pa sih?”
Gak care banget sih lo jadi temen, hari ini kan gue ulang taun.”
OOoh iya deng, yaudah HBD ya Re, udah kan gitu doang, gue mau tidur lagi.”
Ehh bentar Dik, ntar pagi jam 3 gue jemput lo di rumah, kita bakalan ngrayain ulang taun gue ama Tari di rumahnya Tari, ntar lo jemput Riska dulu tapi.”
Iyadeh iya, udah kan itu doang.”
Iyaa, udah lo jangan sedih mulu, kaya cewek aja lo, baru diputusin gitu aja gak bisa tidur, si Riska kan cakep juga tu, bisa jadi gantinya Liana juga kan…hehe.”
Boleh juga tu, Re..hehe, udah ahh gue mau tidur lagi.”
Udah sono, jangan lupa telpon Riska dulu biar dia siap-siap ntar pagi.”
Iyeeeeee..”
Bye Dika… emmmuuuach.”
Najisss deh Re.”
Pukul 04.00 Renata, Dika, dan Riska udah ada di rumah Tari. Mereka membawa kue tart yang bertuliskan Happy Birthday Mentari dan Pagi, dengan lilin 24, yang menunjukkan tanggal lahir mereka. Mama tari udah tau kalo mereka bakalan kesana.
Tari ada di Taman belakang, kalian langsung kesana aja.” Kata mama Tari.

Taman belakang Tari menghadap ke timur, di rumput Taman disana Tari menggelar Tikar kaya mau piknik. Dan Tari, Renata, Dika dan Riska duduk disana menghadap ke timur menunggu matahari terbit. Pukul 05.00, di ufuk timur langit melukiskan semburat semburat merah yang indah, sebentar lagi matahari terbit. Dan saat itu Mentari dan Pagi meniup lilin kue ulang tahun mereka diiringi nyanyian Happy birthday dari Riska dan Dika. Pagi yang indah karena ada cinta yang bersatu disana antara mentari dan juga Pagi.

Hari ini adalah hari yang indah karena kini Renata kembali menjadi Agi, yang kini mempunyai cahaya dalam hidupnya. Di umur yang ke-17 ini dia mendapatkan mentarinya. Hari sudah malam, waktunya untuk tidur dan Renata memejamkan matanya.

Dia bermimpi lagi, tapi kali ini lain. Setelah ia terjatuh dalam lubang hitam, ia keluar dari sana dan menemukan taman yang indah, bukan taman hitam putih seperti biasanya. Dia duduk di hamparan rumput yang hijau bersama Tari yang memakai gaun merah marun, dan menghadap ke arah terbitnya matahari, mereka berdua memandang matahari terbit yang indah bersama. Dan ini adalah bukti bagi Renata bahwa ia telah menemukan Cahayanya, Cintanya, dan kebahagiaan hidupnya. Dan ia kini yakin bahwa pagi takkan lagi kehilangan mentarinya, karena mentari akan selalu ada untuk pagi.(sumber)
THE END

0 comments:

Posting Komentar